Defi Yuslia

Defi adalah Guru PAI di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi Sumatera Barat, lahir di Bukittinggi tanggal 23 Oktober 1972. Motto :" Ide besar - eksekusi = 0...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tak Bisa ke Lain hati ( tantangan menulis hari ke-20)

Tak Bisa ke Lain hati ( tantangan menulis hari ke-20)

Sudah lebih kurang empat bulan lamanya tidak bertemu dengan peserta didik secara lansung. Muncul rasa rindu dengan mereka yang sering mengundang tawa, mendengar pertengkaran kecil mereka yang bikin hati geli. Namun semua itu tak terlepas dari proses mereka bersosialisasi dan menilai kelebihan dan kekurangan teman. Hal itu yang menjadi dasar bagi mereka memperlakukan teman bukan mengucilkan teman. Sebelum pembelajaran dimulai, bagian appersepsi dalam pembelajaran sering saya isi dengan taushiyah atau muhasabah diri. Sehingga itulah yang terekam oleh peserta didik. Setiap mengirim pesan di WA mereka berucap, “ kangen taushiyah ibuk” disertai dengan emoji.

Bekerja dari Rumah memungkinkan kita para guru untuk mengikuti seminar, diklat atau pelatihan secara daring atau membuat karya tulis. Seperti saya, Alhamdulillah saat ini sudah menyelesaikan lima buah buku antologi dengan sahabat penulis lintas propinsi dengan latar belakang pendidik. Silaturrahmi terjalin dan pengalaman bertambah. Saya mencoba untuk mendaftar beberapa pelatihan online. Di sela- sela kesibukan WFH bisa juga mengikuti pelatihan tersebut. Namun semua pelatihan tersebut saya ikuti tidak secara maksimal, karena ada beberapa pelatihan yang waktunya berdempetan dengan pelatihan yang lain. Hal tersebut membuat saya keteteran, di tengah kesibukan mempersiapkan nilai rapor peserta didik dan laporan WFH yang harus diserahkan secepatnya ke Kepala Sekolah. Kadang keinginan tak sesuai dengan kapasitas.

Dalam kondisi seperti tersebut, saya sering merenung nampaknya harus cerdas untuk memilih pelatihan yang sesuai dengan kapasitas kita. Saya penulis, dan pelatihan yang saya ikuti secara maksimal adalah pelatihan tentang kepenulisan. Insya allah besok saya akan mengikuti pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Koran Daerah secara daring dengan materi Tekhnik Dasar Menulis Berita, Kiat Menulis Feature serta Tekhnik Dasar dan Langkah Praktis Menulis Opini. Nampaknya jiwa kepenulisan sudah merasuk ke jiwa raga saya. Menulis adalah rekreasi yang menyenangkan. Rasanya tidak bisa ke lain hati……

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel untuk lomba menulis bu? Keren, bu. Semoga menang

07 Jun
Balas

Keren banget ibuku. Boleh dong nanti berbagi ilmunya menulisnya di blog yaaa. Sy sdh follow ibu. Follow back yaa Trmksh

07 Jun
Balas

pelatihan boleh juga ..ditunggu ilmj barunya bu

07 Jun
Balas

Wow... The power of kepekso sudah merasuk hati ya bunda...

07 Jun
Balas

Keren bu...rindu dengan murid ya bun

07 Jun
Balas

Mantap defi. ,salut dah bemanyak karya tulisnya..

07 Jun
Balas

maksih atas kunjungannya buk yenigaalhamdulillah jika bermanfaat buk

07 Jun

Keren Bun..ttp semangat kita menulis. Sukses selalu ya bun

07 Jun
Balas

makasih motivasinya bun, semoga sukses menyertai kita ya bun

07 Jun

Keren Bun..ttp semangat kita menulis. Sukses selalu ya bun

07 Jun
Balas

Keren Bun..ttp semangat kita menulis. Sukses selalu ya bun

07 Jun
Balas

Keren Bun..ttp semangat kita menulis. Sukses selalu ya bun

07 Jun
Balas

Keren Bun..ttp semangat kita menulis. Sukses selalu ya bun

07 Jun
Balas

Mantap pengalamannya bu, bisa berbagi ilmunya bu

08 Jun
Balas

Mantul bund...salam literasi

07 Jun
Balas

makasih bu, salam literasi

07 Jun

WFH ... Membuat kita semakin kreatif.

07 Jun
Balas

Betul sekali bun, makasih telah berkunjung bun

07 Jun

iya bu..harus bisa memilah dan memilih pe;atihan mana yg bermanfaat gitu..salam

07 Jun
Balas

Semangat bu. Semangat mencerdaskan anak bangsa dan semangat menulisnya...

07 Jun
Balas

Mantap Bu..

12 Jun
Balas

Keren bu. Luar biasa. Sangat menginspirasi sekali.

08 Jun
Balas

Mantap, Ibu. Tetap semangat dan semoga semakin suksesnya. Aamiin

07 Jun
Balas

Kereen.. pengalaman yg luarbiasa..mbak defi..

07 Jun
Balas

Mantap bu.... sukses selalu

07 Jun
Balas

makasih pak atas kunjungannya

07 Jun

Mantap pengalamannya Bu. Sukses terus

07 Jun
Balas

makasih atas kunjungannya pak

07 Jun



search

New Post