Defi Yuslia

Defi adalah Guru PAI di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi Sumatera Barat, lahir di Bukittinggi tanggal 23 Oktober 1972. Motto :" Ide besar - eksekusi = 0...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wardah Inspiring Teacher ( tantangan menulis hari ke-46 )

Wardah Inspiring Teacher ( tantangan menulis hari ke-46 )

Wardah Inspiring Teacher dilaksanakan secara virtual pada hari Kamis, 2 Juli 2020 pukul 10.00- 15.00 WIB. Pelatihan yang mengusung tema” New Normal Pendidikan” ini diikuti oleh lebih kurang 200 orang guru di seluruh Nusantara. Acara dipandu oleh pakar psikolog dari Tim Wardah yaitu Ibu Analisa Widyaningrum. Dalam paparannya Ibu Analisa menjelaskan bahwa A New Normal Life adalah skenario percepatan penyembuhan covid dari aspek kesehatan, sosial dan ekonomi atau perubahan perilaku untuk menjalankan aktivitas normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Manusia dalam kehidupannya akan mengalami situasi-situasi yang tidak menyenangkan. Keadaan yang tidak menyenangkan serta tidak sesuai dengan harapan dapat menimbulkan tekanan tersendiri bagi manusia. Disinilah pentingnya manusia memiliki resiliensi. Resiliensi adalah kemampuan untuk mempertahankan stabilitas psikologis dalam menghadapi stress. Relisiensi secara umum mengarah pada pola adaptasi positif selama atau sesudah menghadapi kesulitan atau resiko.

Untuk menghindari diri dari stress menurut Ibu Analisa adalah:

1. Sadari bahwa setiap orang pasti akan mengalami kesulitan.

2. Carilah dukungan sosial dari lingkungan terdekat.

3. Fokus pada respon positif yang menjadi penyelesaian masalah

4. Menulis atau menceritakan perasaan dan mencari kekuatan diri

5. Carilah kegiatan positif yang menarik

6. Hitung nikmat yang dimiliki dan bandingkan dengan kesulitan yang dihadapi

Menurut Dr. Pooky Knightsmith, resiliensi dapat dibangun dengan 7 C :

1. Competence

2. Confidence

3. Connection

4. Character

5. Contribution

6. Coping

7. Control

Kesimpulannya, bahwa stress bisa dikelola dengan baik sehingga dapat memberi nilai po

sitif pada seseorang. Bila tidak pernah merasakan stress maka kita tidak akan pernah keluar dari zona nyaman. Kita tidak akan berkembang dan maju kalau kita tetap berada di zona nyaman tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya, Bu

03 Jul
Balas

makasih Pak atas kunjungannya

04 Jul

Keren bu

03 Jul
Balas

makasih atas kunjungannya Bu

04 Jul

keren

03 Jul
Balas

makasih atas kunjungannya Bu

04 Jul

Mantap reportasenya, bunda

03 Jul
Balas

makasih atas kunjungannya Bu

04 Jul

Wah, cocoknya pasti kaum hawa, nih, ... wardah.

03 Jul
Balas

banyak juga bapak-bapak yang ikut Pak

04 Jul



search

New Post